Cari Blog Ini

Selasa, 12 Oktober 2010

aplikasi teknologi informasi dalam perbankan

Dewasa ini, penggunaan online banking sudah sangat marak. Online banking
menawarkan sejumlah keuntungan untuk pelanggan. Selain akses 24 jam
sehari kepada nomor account pelanggan yang bersangkutan, pelanggan juga
dipermudah karena tidak diharuskan datang ke bank apabila ingin
melakukan transaksi. Selama pelanggan yang bersangkutan memiliki akses
internet, mereka dapat selalu mengecek status keuangan mereka di bank.
Adapun banyak sekali ragamnya jenis online banking yang ditawarkan oleh
bank sekarang ini, misalnya saja fasilitas untuk membayar tagihan
rekening (air, listrik) secara online. Fasilitas lainnya adalah
pelanggan dapat mentransfer uang ke rekening lain dan juga beberapa
online banking mengijinkan pelanggan untuk melakukan perdagangan mata
uang. Hal ini berguna untuk membantu memotong bunga dari pinjaman.
Online banking juga menawarkan kepada pelanggan mereka kartu kredit
online, pinjaman personal, dan akun tabungan. Semua itu dapat dilakukan
oleh online banking dewasa ini.

Selain menguntungkan pelanggan, online banking juga menguntungkan pihak
bank. Jika pelanggan menggunakan online banking untuk membayar tagihan
rekening atau mentransfer sejumlah uang ke rekening lain, itu berarti
teller tidak perlu untuk mengangkat telpon, sehingga memampukan teller
untuk dapat menolong pelanggan yang lain dan pada akhirnya menghasilkan
uang lebih untuk bank. Sehingga semakin banyak pelanggan menggunakan
online banking maka banyak bisnis yang bisa dikerjakan oleh bank yang
pada gilirannya memberikan keuntungan yang lebih buat bank. Pada
akhirnya, jika bank mendapat keuntungan maka bisa saja bank menawarkan
tingkat suku bunga yang lebih tinggi sehingga kembali dapat
menguntungkan pelanggan.

Menilai dari popularitas yang sekarang, online banking akan terus
popular dan digunakan di masa yang akan datang. Individual dan pelaku
bisnis yang sebelumnya menolak untuk mengadopsi online banking sebagai
alat komersial, sekarang tidak akan mempunyai banyak pilihan lagi.
Kecepatan sistem online dalam melakukan transaksi akan mengalahkan
metode tradisional sepenuhnya. Bagaimanapun juga, perkembangan dari
online banking akan tergantung dari seberapa /user-friendly/ nya
fasilitas yang ada, penambahan fasilitas yang baru yang akan ditambahkan
dan bagaimana konsep dari online banking dikemas sedemikian rupa untuk
digunakan secara umum. Sayangnya sampai sekarang bank dan pelanggan
masih jarang sepakat dalam hal fasilitas mana saja yang berguna dan
tidak berguna. Sejumlah riset pasar dan polling pelanggan diperlukan
untuk menjembatani jarak antara apa yang diperlukan dalam perbankan dan
apa yang tersedia.

Salah satu penggunaan online banking di masa yang akan datang, menurut
Bank of America, harus menyediakan kesempatan untuk mengembangkan
perbankan di dalam cara-cara inovatif yang mengutamakan kecenderungan
kelakuan pelanggan, pilihan yang ada, dan trend. Ide-ide baru yang
dikembangkan harus menerapkan teknologi yang mengungkap wawasan yang
mencakup skala sosial dan fisik yang luas, dari interaksi dengan
pelanggan secara individu menuju kepada transaksi secara global. Perlu
dilakukan riset guna menemukan inovasi untuk mengubah dunia perbankan
secara menyeluruh. Peneliti akan menanyakan pertanyaan seperti :
“Bagaimana caranya sehingga semua pelanggan dapat memiliki pengetahuan
dan alat yang dibutuhkan untuk mengontrol keuangan mereka secara lebih
baik di masa yang akan datang?”, “Bagaimana interaksi perbankan
ber-evolusi ketika dunia pelanggan secara fisik dan virtual terjalin?”,
dan “Bagaimana jaringan sosial mengubah pengalaman pelanggan menjadi
lebih mudah, nyaman, dan lebih terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari? ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar